IDOLA303 AGEN BOLA

Resep Masak

AONQQ KAKIQQ IBLISQQ COBAQQ

Resep Cara Membuat Kue Kembang Goyang Yang Enak

Resep Cara Membuat Kue Kembang Goyang Yang Enak 

Resep Cara Membuat Kue Kembang Goyang Yang Enak 
Resep Cara Membuat Kue Kembang Goyang Yang Enak 

Kue kembang goyang adalah salah satu kue tradisional khas betawi, nama kembang goyang berasal dari bentuknya yang menyerupai kelopak bunga atau kembang dan proses membuatnya digoyang goyang hingga adonan terlepas dri cetakan.di daerah lain kue kering atau lebih tepatnya kudapan kering ini namanya macam macam. BandarQ Ada yang menyebut kue bunga matahari, antari dan lentari. Kudapan kering ini sering disajikan sebagai hidangan di hari lebaran, natal dan pesta rakyat lainnya. Bagi anda yang penasaran dan ingin mencoba membuatnya maka langsung saja kita simak resepnya berikut ini.

Bahan-Bahan : 

  • 250 gram tepung beras 
  • 50 gram tepung tapioka/kanji 
  • 75 gram gula halus 
  • 1/2 sdt bubuk vanili 
  • 2 butir telur 
  • 1/2 sdt garam (agar gurih)
  • 100 ml santan kental 
  • 200 ml air 
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya (kurang lebih 1 – 1,5 liter) 

Cara Membuat :

  1. Campurkan tepung beras dan tepung tapioka dalam wadah atau baskom yang cukup besar. 
  2. Kemudian tambahkan gula halus, bubuk vanili dah garam. Aduk merata dengan pengaduk whisk 
  3. Lalu masukkan santan sedikit demi sedikit hingga tercampur merata.
  4. Tambahkan air dingin sedikit demi sedikit sambal diaduk hingga membentuk adonan yang licin dan merata. 
  5. Pastikan konsistensi adonan tidak terlalu kental atau terlalu encer. (adonan yang ideal menyerupai adonan pancake atau dadar gulung).
  6. (jika terlalu kental tambahkan air, jika terlanjur encer tambahkan tepung beras bukan tepung tapioka). 
  7. Setelah itu panaskan minyak goreng dalam wajan cekung anti lengket dengan panas antara sedang. (kurang lebih skala 5 dari 9). 
  8. Tes rasa adonan tepung dengan cara, ambil satu sendok makan adonan, goreng sampai matang dan mengapung di permukaan minyak. Cicipi apakah rasa manis dan sudah pas. 
  9. Kemudian jika rasa sudah pas, panaskan cetakan kembang goyang dengan cara direndam dalam minyak hingga cetakan panas. 
  10. Celupkan cetakan kembang goyan sampai batas garis atas, artinya lapisan logam paling atas tetap kelihatan saat dicelup. Jangan dicelup sampai penuh agar nanti tidak susah untuk dilepas. 
  11. Pastikan juga adonan menempel di cetakan kemudian masukkan segera cetakan ke dalam minyak panas. Masukkan sampai dasar cetakan berada di permukaan minyak saja. jangan direndam seluruhnya. 
  12. Goyang goyang cetakan pelan pelan hingga adonan matang dan lepas dengan sendirinya dan berbentuk bunga. Goreng dan balik jika perlu hingga kedua sisi matang dan kering. 
  13. Tiriskan dengan posisi lubang menghadap ke bawah agar minyak turun dan kembang goyang bebas dari minyak dan siap untuk di sajikan. 
Baca Juga : Resep Cara Membuat Sate Goreng Pedas Yang Enak


Kembang goyang bisa langsung di nikmati atau juga bisa di simpan di dalam toples kedap udara. Judi Online Dan maka hanya itu saja Resep Cara Membuat Kue Kembang Goyang Yang Enak Ala Koki Medan yang dapat kami berikan untuk anda. Selamat Mencoba Dan Terima Kasih.

No comments