IDOLA303 AGEN BOLA

Resep Masak

AONQQ KAKIQQ IBLISQQ COBAQQ

Resep Cara Membuat Chiffon Cake Pandan Yang Lembut

Resep Cara Membuat Chiffon Cake Pandan Yang Lembut 

Resep Cara Membuat Chiffon Cake Pandan Yang Lembut 

Resep Cara Membuat Chiffon Cake Pandan Yang Lembut 

Chiffon cake merupakan kue yan bersifat sangat ringan, terbuat dari bahan utama tepung terigu, telur, gula pasir, minyak sayur, baking powder dan bahan perasa. Saat membuatnya, kita akan membuat dua tipe adonan yaitu adonan tepung dan adonan busa (kocokan putih telur) yang kemudian akan dicampur menjadi satu sesaat sebelum dipanggang. Kelebihan chiffon cake ini yaitu teksturnya yang sangat lembut dan tidak akan kering/mengeras bisa disimpan lama atau disimpan dalam kulkas. Sesuai namanya chiffon cake ini akan menggunakan pasta pandan dan ekstrak pandan sebagai bahan pewarna dan juga perasanya. Bagi anda yang penasaran dan ingin mencoba membuatnya maka langsung saja kita simak resepnya berikut ini. 

Bahan-Bahan : 

Bahan Adonan Putih telur : 
  • 5 butir putih telur 
  • 80 gram gula kastor 
  • 1/4 sdt garam 
Bahan Adonan Kuning Telur : 
  • 5 butir kuning telur 
  • 30 gram gula kastor 
  • 65 ml santan kental instan 
  • 75 ml minyak canola 
  • 40 ml ekstrak pandan asli
  • 1/2 sdt vanilla essence 
  • 120 gram tepung terigu protein rendah 
Bahan Ekstrak pandan Asli : 
  • 20 lembar daun pandan (cuci bersih lalu potong 2 cm) 
  • 200 ml air 
Cara Membuat : 
  1. Membuat ekstrak pandan asli : blender daun pandan dan air. Lalu saring dan buang ampasnya. Diamkan dan endapkan selama minimal 1 hari dalam kulkas. Pisahkan airnya yang bening. Ambil endapannya untuk menjadi ekstrak pandan asli. 
  2. Lalu panaskan oven pada suhu 160*c 
  3. Membuat adonan kuning telur : dalam satu wadah, aduk kuning telur dan gula kastor dengan ballon whisk hingga mengental dan sedikit pucat. Masukkan santan kental, eksrak pandan, minyak canola, aduk hingga merata. Masukkan tepung terigu sambil diayak. Aduk pelan hingga merata dengan whisk. Sisihkan. 
  4. Membuat adonan putih telur : dalam satu wadah lain, mikser putih telur dan garam hingga berbusa. Masukkan gula kastor dalam 3 tahap. Mikser kembali adonan dengan high speed hingga adonan mengkilap dan mulai kaku. Matikan mikser. 
  5. Kemudian masukkan adonan putih telur ke dalam kuning telur dalam 3 tahap. Aduk balik dengan spatula hingga menjadi adonan homogen. 
  6. Setelah itu tuang adonan ke dalam loyang khusus chiffon ukuran 20 cm. sebelumnya loyang tidak perlu dioles apapun. Hentakkan loyang perlahan untuk membuang kelebihan udara. 
  7. Masukkan dalam oven lalu panggang hingga matang selama 50 menit. Sesuaikan pula dengan oven anda masing masing 
  8. Keluarkan kue dari oven lalu langsung telungkupkan loyang, agar cake tidak kemps atau susut. Biarkan hingga dingin. 
  9. Keluarkan cake dengan pisau tajam dan tipis. Sisir atau iris bagian pinggirnya. Potong potong sesuai selera dan siap untuk disajikan. 

Sajikan chiffon cake pandan untuk keluarga tercinta anda dirumah. Pastikan anda memilih telur yang segar agar cake mengembang sempurna walau tanpa bahan tambahan seperti baking powder . perhatikan pencampuran adonan putih telur dan kuning telur. Aduk dengan menggunakan teknik aduk balik secara perlahan agar adonan tidak cair. Adonan yang cair ini bisa menyebabkan cake tidak mengembang sempurna. Dan maka hanya itu saja Resep Cara Membuat Chiffon Cake Pandan Yang Lembut Ala Koki Medan yang Dapat kami berikan untuk anda. Selamat mencoba Dan Terima Kasih. 

No comments